MacPort apaan ya?

mungkin bisa disebut nuebie kurang ajar yang ga ngerti istilah ini. akhirnya bertanya ke yang pintar.

djiebrats : macport apaan sich?

Mbah Google : http://lmgtfy.com/?q=macport+apaan+sih%3F

dan akhirnya baca-baca di sini

jadi kalo sudah pernah pake linux pasti sering pakai sudo apt-get  atau yum dll lha macport ini kaya begonoan nya di mac.

MacPorts, sebelumnya dikenal sebagai DarwinPorts merupakan sebuah manajeman perangkat lunak yang memudahkan instalasi aplikasi pada sistem operasi mac. Umumnya perangkat lunak yang diinstalasikan melalui macport merupakan aplikasi open source. Manajemen perangkat lunak ini memiliki kesamaan tujuan dan fungsi seperti yang terdapat pada keluarga port BSD, apt-get pada Debian dan turunannya, yaitu untuk memudahkan instalasi paket instalasi dengan memenuhi setiap depedensi yang dibutuhkan oleh setiap paket aplikasi yang diinstal secara otomatis. Perintah sederhana yang digunakan untuk menggunakan macports adalah #port install <nama aplikasi>.

MacPort saat ini dihost pada Mac OS Forge, sebuah repository perangkat lunak pihak ketiga yang dibuat dan dikelola oleh perusahaan Apple. Pada Agustus 2011, MacPorts telah mencapai versi 2.0.1 dengan koleksi port sekitar 8300 buah. Kabar baiknya, mirror lokal macports kini tersedia di Indonesia, berita selengkapnya bisa di lihat di sini.

Instalasi MacPorts.

Download dan install macports yang sesuai dengan sistem operasi anda di sini, dengan catatan aplikasi X Code developer tool telah terinstal sebelumnya, bagi pengguna Mac OS X Lion, instalasi X Code dapat dilakukan melalui App Store. Setelah X Code dan MacPorts terinstall, instalasikan komponen command line tool pada X Code dengan membuka menu X Code – preference – Download. Setelah itu buka terminal dan pastikan macports yang terintal merupakan versi terupdate dengan mengetik perintah sudo port -v selfupdate.

dan lagi-lagi saya ngopi dari link yang tadi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *