Berita terkini

Mohon maaf lama tidak menulis di blog ini, padahal dahulu saya secara pribadi akan selalu berusaha untuk menulis. meskipun tulisannya tidak ada maksud dan tujuannya.

Saya akui saya agak malas beberapa bulan ini, entah kenapa malas dalam menulis, padahal banyak yang harus saya tulis salah satunya adalah tesis saya. ya semoga juga dapat mengembalikan mood saya dalam menulis.

kenapa judulnya berita terkini??

Berita terkini??

karena ternyata banyak kejadian yang sudah dilewati dan menjadi pembicaraan banyak orang (sebenarnya ga tertarik juga sih) beberapa berita antara lain :

  1. Eyang Subur
  2. Bercerainya Ramadhan (jamal mirdat) dan ramona (lydia Kandau)
  3. Bercerainya Dedy Corbusier
  4. Pak SBY rangkap jabatan ketua umum, ketua …., ketua …., ketua …, dan Presiden RI
  5. pak SBY punya twitter
  6. Bom Boston 2013
  7. Wafatnya Elisabet Theacher (mantan PM inggris)
  8. Wafatnya Hugo Cafes (presiden venezuela)
  9. dan mungkin Mengenai UN yang tidak serentak 11 provinsi UN nya di undur

Mungkin pada tulisan saya saat ini saya akan membahas mengenai UN.

Perhatikan ilustrasi berikut (dikutip dari Dikutip dari FB Mice cartoon)

Generasi UN dikutip dari FB Mice cartoon

UN tahun ini memang berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. UN yang tahun lalu mungkin tipe atau jenis soal hanya 2 atau 3 atau bisa di hitung dengan jari, namun saat ini jumlah tipe soal “katanya” 20 tipe.

dan yang membedakannya tipe-tipe soal tersebut adalah dengan menggunakan barcode, sehingga mata manusia tidak akan dengan mudah membaca tipe-tipe soal tersebut. lembar jawaban, dan soal pada tahun ini dijadikan satu, dan peserta harus merobek LJK dari soal karena tiap-tiap soal akan mempunyai kode barcode yang sama dengan LJK. jadi bila di dalam ruangan ujian terdapat 20 peserta dapat dipastikan tidak ada peserta yang mendapatkan soal yang sama. sehingga tingkat kecurangan dapat dipastikan akan sedikit kalo menurut saya pribadi bisa saja 0%.

untuk bocoran soal/jawaban sepertinya juga sangat susah, karena harus menghitung kombinasi 20 tipe soal, dan pasti akan ribet untuk yang berniat membeli bocoran. mungkin yang dapat tetap dilakukan adalah dengan teknik menghitung kancing baju atau teknik menggelindingkan pinsil untuk menentukan jawaban. namun bila kita berbicara mengenai pensil, kemarin saya melihat liputan mengenai pinsil yang di ruwat/di jampi2 sehingga dapat dengan mudah mengerjakan soal-soal. dan muncul ide cerdik dari seorang kawan, untuk berbisnis pensil yang sudah di ruwat/di jampi2 dan pasti mendapatkan keuntungan banyak karena kalau ada pelajar yang tertarik minimal mereka harus membeli 20 pinsil yang berbeda. hehehe… konyol..

kembali ke ilustrasi diatas, memang UN dari jaman saya hingga kini tetap menjadi yang terbaik untuk lebih mendekatkan diri dengan tuhan. pelajar mana yang tidak melakukan ini. namun katanya UN tahun ini juga dijadikan pintu masuk untuk melangkah ke perguruan tinggi negeri. sehingga bisa langsung masuk kuliah/universitas tanpa melewati SPMB/SNMPTN lagi. dari tahun ke tahun UN menurut saya tidak adil, karena 3 tahun belajar hanya ditentukan 3 hari untuk menentukan masa depan.

berbagai problematika mengenai UN tahun ini, bagaimanapun saya tetap setuju untuk tetap menilai dan mengukur kemampuan dari adik-adik kita di tingkat SMA untuk menguji tingkat intelektualitasnya. dan tidak sedikit juga yang telah berhasil dan akan bangga dengan UN dan perjalanan melewati UN nya. kalau saya boleh menjadi seorang filsuf, dan tetap mencoba mencontek kata orang bahwa ujian tidak hanya tiga hari, ujian kehidupan akan tetap berjalan, nilai atau score pada ujian kehidupan bukan menjadi yang utama, hidup ini adalah ujian. sehingga jangan mengeluh dengan ujian saat ini hidup masih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *